Saturday, April 28, 2012

Atlantis Benua Yang Hilang - Akankah Tragedinya Terulang Kembali ?

Menyambung bahasan mengenai atlantis yang telah saya ulas sebelumnya. Kali ini saya akan mencoba kembali membahas lebih lanjut serta memberikan informasi baru yang berhubungan dengan hal tersebut.

dalam post saya sebelumnya Atlantis Benua Yang Hilang - Penjelasan Dan Keberadaannya. Saya berpendapat bahwa atlantis yang diceritakan plato adalah peradaban minoa yang berada di pulau kreta. Tidak masalah jika anda berpendapat atlantis itu berada di tempat lain atau atlantis itu tidak ada. Jika menurut saya, Plato menyebut atlantis dan berbagai hal lain dalam Critias adalah sebuah karya gambaran teori politik dengan memberikan sentuhan mitologi (bagian poseidon dan dewa lainnya) dengan mengambil latar yang ada pada masa itu (peradaban minoa, athena dan lainnya). Satu pola yang sama dengan karya sastra kuno lain yang pernah ada seperti mahabharata (india) dan saiyuki (china).
Seperti yang diketahui cerita tentang atlantis hanya di tuturkan melalui mulut ke mulut (tidak ada sumber lain dalam bentuk artifak selain karya plato). Hal inilah yang dapat mengakibatkan kesalahan presepsi dan terjemahan.

Seperti dalam deskripsi plato, atlantis lenyap dalam waktu sehari semalam oleh gempa dan tsunami yang dahsyat. Di post sebelumnya saya mengatakan bahwa penyebab bencana itu adalah aktifitas vulkanik yang terjadi di kreta atau lebih tepatnya gunung berapi santorini yang berada di laut aegea, dan ini bukanlah isapan jempol semata.


penjelasan benua atlantis - blog misteri cerita tentang dunia
Daerah di tengah laut adalah Gunung Santorini, Peradaban Minoa berpusat di pulau besar sebelah kanan. Foto: NASA

Akhir akhir ini para peneliti mencatat adanya aktivitas dari gunung santorini yang pernah meletus lebih dari 3000 tahun silam ini. Di mulai dari juni 2011, ada 22 stasiun GPS yang diketahui telah berpindah 0,2 - 1,30 inch dari letaknya 6 bulan sebelumnya, serta gempa tremor yang kerap terjadi dengan skala 3,2 richter atau di bawahnya. Analisa sementara berpendapat magma telah berada 2,5 hingga 3,1 mil dari permukaan kawah santorini.

Pendapat para sejarahwan dan arkeolog yang menyatakan Santorini pernah meletus pada 1600 - 1500 SM adalah berdasar analisa material dan abu vulkanik yang terdapat di dasar laut sekitarnya (inilah bukti arkeologis yang saya sebutkan di post sebelumnya).
Peneliti mencoba membandingkannya dengan ledakan gunung krakatau di indonesia yang pernah meletus tahun 1883 silam. Saat itu hanya dalam beberapa jam bencana ini telah memakan korban jiwa hingga 40.000, tsunami dengan ketinggian 12 meter, memuntahkan abu vulkanik hingga seluruh kawasan asia yang menyebabkan turunnya suhu bumi hingga 3 tahun, dan letusan santorini yang pernah terjadi diperkirakan kekuatannya lebih besar 4 - 5 kali dari letusan krakatau.


penjelasan benua atlantis - blog misteri cerita tentang dunia
Foto: Google Earth

Dari kekuatannya inilah yang cukup untuk menjelaskan secara logis menghilangnya peradaban atlantis atau minoa saat itu. Dan dari seluruh tempat di dunia yang dipercaya sebagai tempat atlantis, hanya gunung santorini dan peradaban minoa lah yang dapat menjelaskan secara lengkap seperti apa yang dituturkan oleh plato. Atlantis hanyalah kiasan yang dipakai untuk menyebut peradaban minoa.

Masalahnya sekarang akankah santorini kembali meletus ?
Seperti yang dikatakan oleh peneliti geofisika Andrew Newman dari Georgia Institute of technologi, "kami telah melihat fenomena serupa ditempat lainnya seperti Yellowstone, California dan Campi Flegrei dan kedua tak mengalami erupsi. Secara global kami merata - rata aktivitas vulkanik yang ada, 90% dari aktivitas itu tidak mencapai permukaan"


penjelasan benua atlantis - blog misteri cerita tentang dunia
Kawah Santorini, Foto: Wikipedia

tetapi mereka tak dapat menjamin bahwa gunung santorini sepenuhnya aman, pasalnya setiap gunung api memiliki pola aktivitasnya sendiri sendiri. Karena itulah hingga saat ini belum ada kesimpulan pasti apa yang akan terjadi pada peningkatan aktivitas vulkanik ini. Kita hanya berharap agar tidak akan ada bencana besar yang terjadi di bumi ini.

Sumber: msnbc.msn.com , ouramazingplanet

14 comments:

Anak Rantau said...

Baru tahu ane sob, cerita tentang Atlantis.

Thanks sharingnya :)

Rawins said...

dunia juga sama dengan komputer
lama lama makin banyak error
sehingga perlu direset atau diinstal ulang...

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ said...

. . wauwwww,, baru tau aq. he..86x. tenkz ya?!? . .

enha said...

Atlantis, dari dulu hingga sekarang masih menjadi satu topik yang hangat dibicarakan. Benarkah bahwa atlantis itu ada? Banyak yg meyakini keberadaannya, namun tidak sedikit pula yang meragukannya.

Sekelompok orang yang meragukan kisah atlantis, selalu beralasan bahwa tidak ada sumber konkrit lain (selain milik plato) yang menuliskan kisah tentang atlantis, --> (seperti yg dijelaskan dlm paragraf 2).

Mungkinkah atlantis hanya cerita fiksi yang ditulis oleh plato? Sebuah fiksi layaknya novel, yang menggambarkan bentuk negara ideal? yaah, ane juga enggak tahu...
:(

Mungkin dulu memang pernah terdapat sebuah pulau (yg entah namanya apa, & sekarang dikenal masy. luas sbg atlantis), yg peradabannya lumayan maju. Mungkinkah itu adalah peradaban minoa? Sardinia? Indonesia? Ane enggak tahu (>o<). Namun dlm beberapa poin, ane enggak sepakat dg unsur2 mitos yg diselipin Plato dlm kisah Atlantis. Dan inilah yg membuat ane sempat berpikir (meskipun cuma sesaat) bhw atlantis hanya fiksi. Karena ane cuman percaya bahwa Tuhan itu satu.

Maaf bro, no offence...
;D

Betewe, nice post, saya jadi harus ngubek2 lagi filenya tetangga sebelah,, haha...

Cerita Tentang Dunia said...

@enha. Perbedaan pendapat itu biasa.
Soal masalah TUHAN. Disina saya tidak mrngkaitkannya dengan itu dan saya mengatakanya itu adalah mitologi diatas. Saya hanya membahas secara geografis tempat dimana yang sesuai dengan atlantisnya plato

Soal peradaban maju banyak orang yang salah paham. Dikiranya peradaban canggih yang lebih modern dari yang ada sekarang. Padahal sebenarnya maju dengan barometer waktu dan jaman itu,

enha said...

iya sih bro, post di atas meang enggak mengaitkan dg agama, tapi ane dah terlanjur mbaca kisah atlantis menurut plato dari blog tetangga, yaa...mau gak mau, ane jadi udah ada pandangan sendiri ttg kisah itu,,,

ttg peradaban maju, ane sepakat dg pendapat masbro, sepertinya memang banyak yg salah menginterpretasikan. Masalahnya, biasanya penyuka kisah khalayan kebanyakan adalah orang awam seperti ane :)

Ririe Khayan said...

Ulasan ttg Atlantis memang selalu menarik, terlepas dari mitos atau tdk, peradaban maju di jaman dulu ttp suatu pencapaian yg luar biasa [berbagai bukti peninggalan sejarah yang masih bertahan sampai sekarang] mengingat di kala itu teknologi masih jauh jika di bandingkan sekarang.

Anonymous said...

Atlantis..... mngkin berlokasi di pikiran plato, tp mungkin terinspirsi oleh perang sparta-athena....

super jahil said...

klw w c percaya g prcaya.....!!! mungkin plato org eank suka dengan eank brbau" fiksi atw mngkin jg plato sdh mlihat dgn mata kpalax bentuk ATLANTIS tsb. tp 1 eank mngganjal d pikiranq, apa benar indonesia itu separoh dr PULAU ATLANTIS eank hilang itu....????

super jahil said...

klw w c percaya g prcaya.....!!! mungkin plato org eank suka dengan eank brbau" fiksi atw mngkin jg plato sdh mlihat dgn mata kpalax bentuk ATLANTIS tsb. tp 1 eank mngganjal d pikiranq, apa benar indonesia itu separoh dr PULAU ATLANTIS eank hilang itu....????

super jahil said...

w c prcaya g prcaya...!!!!
mungkin sj MR. PLATO itu trmasuk org eank suka dgn eank brbau fiksi, atw mungkin si MR. PLATO itu sdh mlihat ATLANTIS itu dgn mata kpalax sndiri shingga dy bisa mnceritakanx scara detail bntuk dr ATLANTIS itu, tp eank mngganjal d pikiran, apa benner INDONESIA itu sbagian dr pulau ATLANTIS eank tenggelam itu...????

Anonymous said...

saya rasa ilmu anda masih dangkal mengenai hal hal semacam ini, dilihat dari analisa anda yang tergesa - gesa dan cenderung apatis, besar kemungkinan kalo atlantis adalah pulau yang hilang akibat letusan gunung berapi di samudera atlantik , letaknya kemungkinan dekat dengan indonesia-jepang-amerika karena ditemukan adanya peninggalan berupa struktur bangunan piramid yang memilki karakter yang sama / hampir mirip disana, jadi bukan di samudera pasifik seperti analisa anda saat ini. besar kemungkinan atlantis memiliki daratan yang luas namun tenggelam atau hancur ketika banjir besar menyapu dunia pada jaman nabi nuh. whu allahu alam

Bisma Dewantara said...

@anonim no 12. Saya hnya menyampaikqn apa yang saya percayai. Soal atlantis tidak akan ada kata selesai untuk pembahasannya karena tidak ada bukti kuat lainnya selain catatan plato. Lalu perlu anda ketahui juga atlantis tidak ada hubungannya juga dengan piramida. Saya akan senang anda menyebut ilmu saya dangkal apabila ana mencantumkan refensensi dengan jelas dan sumber yang terpercaya

RAYHAN FAUZAN said...

What The Atlantis?

Post a Comment

Untuk copas dan share mohon tetap sertakan linkback ke blog ini. Blog ini tidak meminta pembacanya untuk percaya pada apa yang tertulis di blog ini. Percaya atau tidak, itu pilihan anda :-)